Ads 468x60px

advertise here

Labels

Jumat, 27 April 2012

Rumus dalam Tabel Buku Besar-2 (24)

Kolom Tanggal (Tgl)

Gambar 2.53 Masang Rumus BB
Gambar : 2.53

Dalam kolom tanggal  kolom B6 kebawah dipasang rumus yang berlogikakan : “apabila transaksi yang telah ditulis (di input) dalam Jurnal umum merupakan anggota kelompok rekening yang berkreteriakan seperti yang tertulis dalam kolom H4 (dalam tabel ini=AK), maka tulislah tanggal yang sama seperti pada Jurnal Umum saat terjadinya transaksi itu, atau kosongkan apabila bukan anggota kelompok”. Sehingga rumus yang dipasang adalah :

=IF('Jurnal Umum'!$K6=H$4;'Jurnal Umum'!$C6;" ")

Kolom Perkiraan

Hampir semua rumus yang terpasang dalam kolom Perkiraan pada latihan ini mempunyai dasar logika sama, sehingga rumusnya menjadi mirip, yaitu:

=IF(D6<>"";VLOOKUP((D6);(Kode_Akun);4);"")

Gambar 2.54 Masang Rumus BB
Gambar : 2.54

Rumus  yang terpasang ini berasal dari sebuah logika: apabila sel dalam kolom Ref berisikan kode perkiraan, maka tulislah nama perkiraanya pada baris yang proporsional (pada kolom perkiraan yang sesuai), atau kosongkan saja apabila kolom Ref juga kosong.

Kolom Ref

Gambar 2.55 Masang Rumus BB
Gambar : 2.55

Kolom Ref dalam tabel ini masih tetap memegang peranan. Karena tertulisnya sekelompok karakter dalam kolom ini (kode akun) akan menjadi dasar penulisan pada kolom-kolom lain, bahkan kebenaran pengerjaan sebuah proses akuntansi, sangat ditentukan oleh ketepatan pengisian kolom Ref ini.

Kolom Ref dalam tabel buku besar ini berisikan sebuah logika: Apabila transaksi dalam Jurnal Umum pada baris yang proposional dengan baris ini (dalam tabel buku besar), termasuk anggota kelompok perkiraan Aktiva yang berkodekan AK, maka tulislah kode perkiraannya pada sel ini, sama dengan sel yang sesuai pada kolom Ref pada Jurnal Umum.

Sehingga rumus yang dipasang pada sel ini adalah :

=IF('Jurnal Umum'!$K6='Buku Besar'!H$4;'Jurnal Umum'!$F6;"")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, semoga bermanfaat