Ads 468x60px

advertise here

Labels

Minggu, 08 April 2012

Membuat Tabel Buku Besar (15)

Buku besar adalah kumpulan akun yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan yang utuh/lengkap. Sedang akun, atau rekening, ada juga yang menyebut perkiraan adalah daftar yang befungsi untuk mencatat segala perubahan harta, utang, modal, pendapatan dan beban.

Akun dalam Buku besar di golongkan menjadi dua, yaitu: Akun riil; yang meliputi harta, utang, dan modal. Dan Akun Nominal; yang terdiri atas pendapatan dan beban. Secara skematis kelompok akun mempunyai karakteristik sebagai berikut :

Tabel :2.3

Kelompok Akun

Bertambah

Berkurang

Saldo

Harta

Debet (D)

Kredit (K)

Debet (D)

Utang

Kredit (K)

Debet (D)

Kredit (K)

Modal

Kredit (K)

Debet (D)

Kredit (K)

Pendapatan

Kredit (K)

Debet (D)

Kredit (K)

Beban

Debet (D)

Kredit (K)

Debet (D)

Prive

Debet (D)

Kredit (K)

Debet (D)

 

Tabel Buku Besar dipergunakan untuk mengelompokkan, menjumlah dan menyortir  nilai uang transasksi-transasi akun  yang terjadi selama periode tertentu. Tabel buku besar kita buat pada Sheet ke-3, dengan mengganti nama Sheet 3 menjadi Buku Besar. Jumlah baris  tabel buku besar yang kita buat (harus) sama dengan jumlah baris dalam Tabel Jurnal Umum. Hal ini  dilakukan agar memudahkan input data dalam Tabel Buku Besar.

Tabel Buku Besar terdiri dari kolom Tanggal, Perkiraan, Ref, Debet, Kredit, Saldo Akhir dan kolom kreteria  (R), seperti berikut ini :

Tabel : 2.4

SALON “SOFIA”

 

 

 

 

 

BUKU BESAR

 

 

 

 

 

 

 

 

Pok. Perkiraan:

 

 

Per:

 

 

Perkiraan No.  :

 

 

Tgl.

Perkiraan

Ref

Debet

Kredit

So-Debet

R

 

 

 

 

 

 

 

4

35

6

15

15

15

3

 

 

 

 

 

 

 

               

Tabel  ini diteruskan ke bawah sampai row ke 74, utuk menampung jumlah nilai transaksi jenis akun tertentu yang terjadi dalam periode waktu itu ( misalnya 1 bulan). Panjang ruang pengisian ini harus sama dengan panjang ruang pengisian Tabel Jurnal Umum. Sedang format  kolom dalam tabel buku besar ini sama dengan format bagi masing-masing judul kolom dengan Tabel Jurnal Umum dalam sheet Jurnal Umum! (Gambar : 2.13).                                                               

Tabel buku besar dalam sheet ‘Buku Besar!, dibuat 4 tabel yang akan dipergunakan untuk mengelompokkan rekening/akun dari:

1)    Kelompok akun/perkiraan  Aktiva

1)    Kelompok akun/perkiraan Passiva

2)    Kelompok akun/perkiraan  Pendapatan, dan

3)    Kelompok akun/perkiraan Beban

Untuk mempercepat pembuatan tabel (dan lainya) yang sama  dalam  software microsoft sering disebut menyalin atau ‘copy.  Penyalinan dilakukan nanti setelah selesai pemasangan rumus (Gambar : 2.14).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, semoga bermanfaat