Ads 468x60px

advertise here

Labels

Senin, 09 April 2012

Membuat Tabel NERACA PERCOBAAN (16)

Neraca Percobaan atau Kertas Kerja merupakan alat bantu dalam membuat Laporan Keuangan. Kertas Kerja atau Neraca Percobaan adalah suatu daftar pencatatan neraca sisa (saldo), perubahan transaksi dan penyesuaian (Mutasi) serta penggolongan buku besar.

Tabel NERACA PERCOBAAN dibuat pada sheet lain, sehingga apabila secara default jumlah sheet yang ada/muncul hanya 3 maka perlu ditambah dengan meng-‘Insert Worksheet. Yang antara lain dapat dilakukan dengan dua cara:

1)    Dengan meng-klik menu pilihan ‘Insert (atau Alt dan I  yang ditekan bersama-sama) pada Menu Bar, kemudian sorot Worksheet dan klik kiri mosue atau Enter. Maka sebelah kiri sheet dimana kita berada telah muncul sheet baru.

1)    Atau dengan mengarahkan pointer pada nama sheet tertentu, (dalam Latihan ini arahkan pointer pada nama sheet Buku Besar). Kemudian kilk kanan Mouse anda maka akan muncul box pilihan menu: Insert…, Delete, Move or Copy…, Select All Sheet, dan View Code. Karena anda ingin menambah sheet (insert worksheet) maka klik Insert…, sehingga muncul pilihan menu box General dan Spreadsheet Solution. Secara default yang muncul dalam list box ‘General, kemudian sorot  icon Worksheet, lalu klik OK atau Enter.

Kemudian klik dua kali nama sheet baru tersebut untuk mengganti nama sheet menjadi NERACA PERCOBAAN. Sheet NERACA PERCOBAAN dapat dipindah sesuai keinginan kita menggunakan Drag and Drop. Yaitu dengan meng-Klik (pada mouse kiri) nama sheet NERACA PERCOBAAN, jangan dilepas, kemudian bawa dimana sheet akan diletakkan, baru dilepas. Maka urutan sheet telah berubah sekang. Tabel NERACA PERCOBAAN dibuat dalam 13 kolom dengan nama kolom sebagai berikut :

 

Tabel : 2.5

SALON “SOFIA”

 

NERACA PERCOBAAN

 

Per :

 

NO.

Nama Akun

Ref

SALDO AWAL

MUTASI

SALDO STLH MUTASI

LABA/RUGI

NERACA

Debet

Kredit

Debet

Kredit

Debet

Kredit

Debet

Kredit

Debet

Kredit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

21

6

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

 

Format masing-masing kolom (Cells) dalam tabel Neraca Percobaan ini ekuivalen dengan Tabel jurnal Umum dan Tabel Buku Besar. Dengan lebar kolom sebagai berikut : Kolom Nomor - 'B=3, Kolom Nama Perkiraan - 'C=21, Kolom Ref - 'D=6, sedang lebar masing-masing kolom Debet  dan Kredit  dalam nama kolom SALDO AWAL, MUTASI, SALDO SETELAH MUTASI, LABA/RUGI dan NERACA adalah 10 (Gambar : 2.15).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar