Ads 468x60px

advertise here

Labels

Jumat, 30 Maret 2012

Pengertian Akuntansi (2)

Di negara-negara Anglo-Saxon seperti Inggris, Amerika Serikat dan daerah pengaruhnya, istilah “akuntansi” disebut “accounting” dan “accountancy”, sedangkan di negara Belanda hanya dipakai istilah “accountancy” . Di Indonesia digunakan istilah “akuntansi”. Ditinjau dari segi bahasa, istilah accounting berasal dari kata kerja “to account” yang berarti memperhitungkan atau mempertanggungjawabkan. Istilah acoount diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi “akun”, atau “perkiraan” atau “rekening”.
Akuntansi seringkali disebut sebagai “bahasa dunia usaha” atau “the language of business”. Secara luas definisi akuntansi diberikan oleh American Accounting Association (AAA)yaitu: Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi-informasi ekonomi untuk memungkinkan memperoleh pertimbangan-pertimbangan dan keputusan-keputusan yang tepat bagi pemakai informasi itu.
Ditinjau dari segi rangkaian prosedur, akuntansi didefinisikan oleh American Institut of Certified Pubilc Accountants sebagai berikut: Akuntansi adalah seni (Art) pencatatan, penggolongan, dan peringkasan dengan suatu cara yang berarti dan dalam bentuk uang, atas kejadian-kejadian dan transaksi-transaksi, yang paling sedikit atau sebagian bersifat keuangan, dan menjelaskan hasil-hasilnya.
Dari definisi tersebut mengandung pengertian sebagai berikut :
  1. Akuntansi merupakan proses pengolahan data yang terdiri dari indentifikasi, mengukur dan pelaporan informasi ekonomi. Jadi kegiatan akuntansi meliputi :
    • Mengidentifikasikan data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan.
    • Memproses dan menganalisa data yang relevan
    • Memindahkan data tersebut ke dalam bentuk informasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilann keputusan.
  2. Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh Akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan bagi yang berkepentingan. Jadi berdasarkan kegunaannya, akuntansi adalah suatu disiplin ilmu yang menyediakan informasi yang penting untuk pelaksanaan dan penilaian efisiensi aktivitas perusahaan. Informasi akuntansi tersebut berguna untuk :
    • Perencanaan, pengendalian, dan pembuatan keputusan oleh pimpinan perusahaan.
    • Memberikan pertanggungjawaban kepada pihak di luar perusahaan sehingga mereka dapat mengambil keputusan.
Masukan (input) dari proses akuntansi berupa data akuntansi, sedangkan keluarannya (output) berupa informasi. Tidak semua data dalam perusahaan merupakan data akuntansi, data akuntansi mempunyai dua sifat yaitu : 1. kuantitatif. 2. financial.
Data ini sifatnya masih mentah (belum diolah), sehingga tidak dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Sedangkan informasi merupakan data yang sudah diolah yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan.
Dari uraian tersebut proses akuntansi meliputi dua kegiatan yaitu :
  1. kegiatan yang bersifat konstruktif atau sintetikal, meliputi pekerjaan pencatatan, peringkasan, penggolongan dan aktivitas lain yang tujuannya menghasilkan informasi akuntansi.
  2. Kegiatan yang bersifat analitikal dari informasi akuntansi, yang meliputi perkerjaan penganalisaan dan penginterprestasian informasi akuntansi.
Fungsi pokok dari akuntansi dalam masyarakat ekonomi modern adalah untuk mengumpulkan dan menghubung-hubungkan informasi yang diperlukan untuk mendapatkan gambaran dari aktivitas perusahaan baik besar maupun kecil, dalam bentuk perusahaan perorangan, firma, ataupun perseroan badan-badan yang tidak bersifat mencari keuntungan (non profit organization); seperti pemerintah, yayasan, lembaga pendidikan dan lain-lain.
Tujuan pokok akuntansi adalah menyediakan informasi dalam bentuk suatu laporan keuangan yang berguna bagi pimpinan perusahaan, pemilik perusahaan/pemegang saham, penanam modal, pemberi kredit, pemerintah, dan badan-badan pemerintah, serta pihak-pihak lain yang membutuhkan informasi-informasi tersebut baik ke dalam (intern) maupun keluar (extern) perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, semoga bermanfaat